Info Sekolah
Jumat, 23 Feb 2024
  • Asesmen Sumatif Ganjil Dimulai Tanggal 27 November 2023
  • Asesmen Sumatif Ganjil Dimulai Tanggal 27 November 2023
19 Januari 2023

Jiwa Kepemimpinan OSIS MAN 1 Bekasi diuji dalam Diklat

Kam, 19 Januari 2023 Dibaca 16x Berita / Kesiswaan / Pendidikan

Pengurus OSIS MAN 1 Bekasi yang baru saja dilantik mengikuti pembukaan Diklat OSIS (pendidikan dan pelatihan), Sabtu (14/01/23) di lapangan Basket MAN 1 Bekasi. Image : istimewa

Bekasi,-Humasman1bekasi

Pengurus OSIS MAN 1 Bekasi yang baru saja dilantik mengikuti Diklat (pendidikan dan pelatihan). Diharapkan, dengan adanya Diklat tersebut, para pengurus OSIS bisa mempunyai jiwa kepemimpinan, nasionalis, dan juga bisa menjadi siswa panutan bagi siswa-siswa lain. Kegiatan tersebut di selenggarakan di MAN 1 Bekasi dari tanggal 14 Januari s.d 15 Januari 2023.

Kepala MAN 1 Bekasi, Drs. H. Amal Basyari mengatakan bahwa organisasi pasti ada pengurus serta untuk kelancaran proses kegiatan organisasi tersebut. untuk itu perlu diadakan Diklat untuk membangun kepemimpinan dalam berorganisasi.

Beliau berpesan supaya para pengurus OSIS “baru” mengikuti semua materi yang disampaikan oleh Pembina dan narasumber dengan sebaik mungkin sebagai bekal para pengurus OSIS dalam menjalankan organisasinya. Bagi para pengurus harus menguatkan beberapa materi yang menunjang bagi OSIS, diantaranya adalah materi kepemimpinan, organisasi dan juga public speaking.

Ditambahkan, tujuannya agar semua pengurus OSIS memiliki jiwa pemimpin yang amanah, bertanggung jawab dan adil. Diharapkan, pengurus mampu bekerja dengan baik pada suatu organisasi dimana setiap anggota dalam organisasi harus memiliki sikap terbuka dan mau bekerjasama agar organisasi terus eksis.

Pembina OSIS MAN 1 Bekasi, Misin Baehaqi, M.Pd ketika di minta tanggapan mengatakan Diklat (pendidikan dan pelatihan) dilaksanakan selama dua hari mulai Tanggal 14 hingga 15 Januari 2023 di sekolah dengan diikuti oleh 30 pengurus OSIS.

“Diklat ini adalah kegiatan rutin, namun tahun kemarin terhenti, karena pandemi, tahun ini kita adakan kembali,” terangnya.

Misin yang juga guru PAI menerangkan, selama kegiatan berlangsung para peserta kegiatan akan diberi materi tentang kepemimpinan, nasionalisme, keorganisasian, public speaking, kehumasan, Persidangan, dan menejemen keuangan.

“Menjadi seorang pemimpin haruslah dimulai dari diri sendiri. Di antaranya melalui latihan mengendalikan sifat buruk pada diri sendiri dengan sungguh-sungguh. Selain itu latihan bertindak dengan penuh tanggung jawab juga mutlak dilaksanakan,” ungkapnya, saat ditemui Minggu (15/1/2023).

Menurutnya, di antara karakter kepemimpinan itu adalah seorang pemimpin harus mampu berjiwa sabar, profesional, inovatif, serta mempunyai integritas yang tinggi.“Maka dari itu melalui kegiatan diklat ini pihak sekolah bermaksud membentuk karakter siswa agar mampu berpikir dan berjiwa besar,” imbuhnya.

Salah satu peserta Diklat, haldyka excel paleva, mengaku sangat senang mengikuti kegiatan diklat Osis, karena dalam kegiatan tersebut diajarkan tentang berbagai hal yang berkaitan dengan keorganisasian dan kepemimpinan (leadership).

“Saya suka materi organisasi dan juga kehumasan, karena melatih kedisplinan, kekompakan dan juga kerjasama serta inovasi kehumasan dalam bidang digital untuk penunjang organisasi,” pungkasnya.(HR)

Kontributor : Heri Herdianto

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

− 1 = 3