Info Sekolah
Minggu, 23 Jun 2024
  • PPDB JALUR PRESTASI DAN AFIRMASI 04 MARET S/D 30 APRIL 2024 | PPDB JALUR REGULER 02 MEI S/D 03 JUNI 2024 | PELEPASAN KELAS XII 08 MEI 2024
  • PPDB JALUR PRESTASI DAN AFIRMASI 04 MARET S/D 30 APRIL 2024 | PPDB JALUR REGULER 02 MEI S/D 03 JUNI 2024 | PELEPASAN KELAS XII 08 MEI 2024
20 Mei 2024

MAN 1 Bekasi Melaksanakan Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-116, “Kebangkitan Kedua Menuju Indonesia Emas”.

Sen, 20 Mei 2024 Dibaca 47x Berita

Cikarang 20/05/2024, dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-116, MAN 1 Bekasi Melaksanakan upacara peringatan yang ini diikuti pendidik, tenaga kependidikan, dan siswa/i MAN1 Bekasi.
Upacara dipimpin langsung oleh Kepala MAN 1 Bekasi Drs. H. Amal Basyari M.Pd.I yang membacakan sambutan tertulis dari menteri Komunikasi dan Informatika RI, yang bertajuk “Kebangkitan Kedua Menuju Indonesia Emas”.
Lahir pada 20 Mei 1908 seabad yang lalu, beliau dalam sambutanya memperkenalkan organisasi Boedi Oetomo sebagai cikal bakal tumbuhnya bibit cita-cita mewujudkan kemerdekaan Indonesia. Hari berdirinya Boedi Otomo inilah yang kelak menjadi simbol dari Hari Kebangkitan Nasional yang dirayakan hari ini.
Kepala Madrasah menyampaikan bahwa embrio Indonesia lahir dari kemajuan modern dan pencerahan, dari kaum muda berpendidikan yang tidak kehilangan identitas ke-Indonesiaannya. Embrio Indonesia lahir dari keragaman pikiran para “kaum muda” sebagai “embrio bangsa”. Di tangan kaum muda terdidik inilah cita-cita kemerdekaan dan kebebasan dirumuskan dan diperjuangkan.
Kebangkitan kedua merupakan momen untuk menatap masa depan dengan penuh optimisme, kepercayaan diri, dan keyakinan. Jangan berjalan lamban, karena terus berkejaran dengan waktu. Di titik inilah, seluruh potensi sumber daya alam, bonus demografi, dan potensi transformasi digital, menjadi modal dasar menuju “Indonesia Emas 2045”.

Menurutnya kebangkitan nasional itu idealnya harus diawali atau dimulai dari kebangkitan dunia pendidikan. Berkaca pada usia organisasi Boedi Oetomo yang sudah lebih dari seabad, beliau mengatakan bahwa Indonesia harusnya sudah mendekati tahun keemasan.
“Di lihat dari usia sudah seabad lebih, kebangkitan nasional yang dipelopori oleh Boedi Oetomo, harusnya indonesia itu sudah mendekati kepada tahun keemasan, lebih-lebih dilanjutkan oleh generasi saat ini sebagai tokoh-tokoh emansipasi agar terlaksana pesat kemajuan, karena yaitu negeri kita itu pergerakannya di bagian pendidikan. Di era globalisasi ini tentang tahap transformasi digital itu sangat tinggi kemajuan teknologi karena dengan teknologi itulah akan lebih cepat perubahannya. Jadi, kembali lagi bahwa kebangkitan nasional itu harus di awali dari kebangkitan dunia pendidikan.” Tutur Kepala MAN 1 Bekasi Drs. H. Amal Basyari M.Pd.I
Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini hendaknya tidak hanya kita memaknai sebagai seremonial saja. Guna memahami esensi sejarah Kebangkitan Nasional, mari sejenak kita telaah sisi historis dibalik peringatan Hari Kebangkitan Nasional. Semangat Boedi Oetomo sebagai pelaku sejarah perjuangan bangsa Indonesia patut kita pertahankan demi persatuan dan kesatuan negara Indonesia.
Upacara bendera ini diakhiri dengan doa bersama yang dipimpin oleh petugas upacara, memohon agar indonesia selalu dalam lindungan Allah SWT dan terus maju sebagai bangsa yang bermartabat.
Suasana upacara yang berlangsung khidmat dan penuh semangat ini menjadi refleksi penting bagi seluruh civitas akademika MAN 1 Bekasi untuk terus berkontribusi positif dalam pembangunan bangsa dan negara.***

Kontributor: Ade Jalaludin

Editor : Muhamad Hilmi

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

− 2 = 1