Info Sekolah
Minggu, 23 Jun 2024
  • PPDB JALUR PRESTASI DAN AFIRMASI 04 MARET S/D 30 APRIL 2024 | PPDB JALUR REGULER 02 MEI S/D 03 JUNI 2024 | PELEPASAN KELAS XII 08 MEI 2024
  • PPDB JALUR PRESTASI DAN AFIRMASI 04 MARET S/D 30 APRIL 2024 | PPDB JALUR REGULER 02 MEI S/D 03 JUNI 2024 | PELEPASAN KELAS XII 08 MEI 2024
27 Mei 2024

MAN 1 Bekasi Sukses Melaksanakan Kegiatan P5P2RA Fase E dan Fase F Tema ke 3 Tahun Pelajaran 2023/2024

Sen, 27 Mei 2024 Dibaca 52x Berita

MAN 1 Bekasi kembali mengadakan kegiatan P5P2RA (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil ‘Alamiin) dengan tema Kearifan Lokal yang berfokus pada kegiatan Pembuatan makanan lebaran Khas Betawi fase E dan Berekayasa dan Berteknologi Untuk Membangun NKRI tentang Pembutan Tape untuk fase F. Kegiatan ini diselenggarakan pada hari Senin (20/05) sampai acara akhir yakni di hari Rabu (22/05), yang diikuti oleh seluruh siswa/i kelas X dan XI.
Saat dimintai tanggapan oleh humas (21/05) Toyyib, S.Pd. M.P.Fis, Selaku Wakamad bidang kurikulum mengatakan rasa syukur atas suksesnya kegiatan P5P2RA. Menurutnya, P5P2RA ini adalah kegiatan pembelajaran khususnya bagi para siswa/i kelas X dan XI Yang dimana Para siswa/i di latih kreativitas, kemandirian dan imajinasi tentang proyek yang di berikan oleh fasilitator.
Senada dengan itu, ia juga mengatakan pada proyek tahun ini salah satunya bertemakan Kearifan Lokal, sehingga para siswa/i berimajinasi tentang kearifan lokal yang ada di kabupaten Bekasi salah satunya adalah makanan lebaran khas Betawi.
“kali ini proyeknya adalah kearifan lokal , sehingga para siswa/i berimajinasi tentang kearifan lokal yang ada di kabupaten Bekasi khusunya berkaitan dengan budaya Betawi yaitu makanan lebaran khas Betawi, dalam kegiatan ini siswa di latih kemandirian di latih kreativitas, paling tidak umumnya pengalaman dalam mengolah masakan-masakan Betawi dan para siswa mengerti tentang kebudayaan dan menghargai budaya asalnya yaitu budaya Betawi melalui kegiatan P5P2RA ini.” Ujarnya saat dimintai tanggapan Oleh humas
Drs. H. Amal BasyariM.Pd.I Selaku Kepala MAN 1 Bekasi ikut menuturkan bahwa tujuan kegiatan P5P2RA salah satunya memupuk jiwa Kewirausahaan para siswa/i MAN 1 Bekasi.
“Dalam rangka kedepan dalam memupuk jiwa kewirausaan anak. Artinya, lulusan MAN 1 Bekasi tidak hanya dan tidak semua semuanya melanjutkan keperguruan tinggi, salah satunya ada yang membuat Home Industri, lalu bisa mengembangkan usaha-usaha lainya.” Tuturnya
Selain itu, ia juga berharap kepada para siswa/i khususnya para alumni yang tidak melanjutkan ke perguruan tinggi, kegiatan P5P2RA ini menjadi pembekalan keterampilan untuk mengembangkan Home Industri.
“Jadi, dengan adanya kegiatan P5P2RA ini kami berharap kepada siswa/i khususnya para alumni yang tidak melanjutkan keperguruan tinggi, ini menjadi pembekalan keterampilan untuk mengembangkan Home Industri dan mengembangkan usaha lainnya.” Harapnya
Kearifan Lokal yang dimiliki oleh Kabupaten Bekasi adalah kekayaan tersendiri yang tidak nilainya dengan daerah lain. MAN 1 Bekasi berhasil membuka mata peserta didik bahwa ternyata kearifan lokal khususnya di bidang Kuliner yang ada di daerah ini cukup banyak.
Di lain tempat Iis Novi Rahmayanti, S.Pd Selaku koordinator kelas X juga berharap kepada siswa/i dengan mengikuti kegiatan P5P2RA ini menjadi paham dan bisa memahami budaya dan kebiasaan kearifan lokal yang ada di Kabupaten Bekasi.
“Kami berharap kepada para siswa/i MAN 1 Bekasi semoga dengan mengikuti kegiatan P5P2RA ini menjadi paham dan bisa memahami budaya dan kebiasaan kearifan lokal yang ada di Kabupaten Bekasi.” Harapnya kepada siswa/i setelah mengikuti kegiatan ini
Selain itu, para siswa/i berkreasi dan berkolaborasi untuk menguatkan pemahaman mereka tentang bioteknologi. Diharapkan dengan tema rekayasa dan teknologi dapat membuat produk dan memanfaatkan alam sekitar. Tercipta kreativitas, kerjasama, gotong royong, dan kewirausaan.
Cut Wulan Dayu, S.Si salah satu fasilitator mengatakan bahwa kegiatan P5P2RA ini para siswa/i terlihat sangat antusias dalam menyelesaikan tantangan. Selain itu, kegiatan ini menjadi salah satu momen dimana kebersamaan antara wali kelas dan murid terjalin dengan baik.
Nia Ramadani salah satu siswi kelas XI.7 mengatakan bahwa dirinya dan teman-temannya sangat antusias dan semangat dalam mengikuti kegiatan P5P2RA.
“Kami sangat antusias dan semangat dalam mengikuti kegiatan ini. Karena, kami mengerjakan kegiatan secara berkelompok jadi, ada kerjasamanya dan saling membatu sama lain dalam menyelesaikan tantangan dalam kegiatan P5P2RA ini. Ujarnya
Dari pantauan humas disetiap kelas memang para siswa/i tampak sangat antusias mengikuti kegiata yang berlangsung 3 hari tersebut, berkobar semangat dan partisipasi seluruh siswa/i untuk mengikuti kegiatan.

Kontributor: Adel Jalaludin

Editor : Muhamad Hilmi

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

+ 85 = 92