Info Sekolah
Kamis, 11 Apr 2024
  • PPDB JALUR PRESTASI DAN AFIRMASI 04 MARET S/D 30 APRIL 2024 | PPDB JALUR REGULER 02 MEI S/D 03 JUNI 2024 | PELEPASAN KELAS XII 08 MEI 2024
  • PPDB JALUR PRESTASI DAN AFIRMASI 04 MARET S/D 30 APRIL 2024 | PPDB JALUR REGULER 02 MEI S/D 03 JUNI 2024 | PELEPASAN KELAS XII 08 MEI 2024
7 Maret 2024

MELALUI PPDB 2024/2025, MAN 1 BEKASI MELAKUKAN LANGKAH AWAL MENUJU PENDIDIKAN MADRASAH YANG BERKUALITAS

Kam, 7 Maret 2024 Dibaca 23x Berita

Madrasah merupakan lembaga pendidikan yang mendidik peserta didik menuju ke arah suatu sistem pendidikan yang lebih baik. Lembaga pendidikan madrasah memberikan para siswanya nilai-nilai agama yang tinggi, akhlak yang mulia, sehingga tidak terjerumus di lembah kenakalan yang semakin marak akhir-akhir ini. Melihat realita yang ada, baik secara filosofis maupun budaya bangsa kita sangat mengedepankan nilai-nilai agama, pribadi luhur, dan akhlak mulia. Madrasah mempunyai peran dan tanggung jawab yang signifikan pada pemerintah dan umat islam terhadap kemajuan dan kejayaan umat islam. MAN 1 Bekasi merupakan madrasah yang berada di bawah Binaan Kementerian Agama, yang mengedepankan nilai nilai luhur dalam sistem kurikulumnya. Minat masyarakat kabupaten Bekasi terhadap Madrasah sangat tinggi, terlihat pada PPDB tahun lalu, oleh karena itu PPDB MAN 1 Bekasi pada tahun ini dilakukan secara terbuka , jujur dan adil.

“Saya menjalankan juknis (petunjuk teknis) pelaksanaan PPDB madrasah 2024, saya berharap alur itu dijalankan sebagaimana mestinya. Jadi, pastikan semuanya dijalankan dengan cara terbuka, jujur, dan adil.” Ucap Ketua Pelaksana PPDB 2024/2025 Achmad Yan Muharis, M.Pd sekaligus Wakamad Kesiswaan. “PPDB MAN 1 Bekasi ini mungkin berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, saya berusaha membawa warna baru di PPDB tahun ini.” sambungnya.

Salah satu wali murid sedang mendaftarkan anaknya di Sekretariat Panitia PPDB MAN 1 Bekasi (05/03)
Foto: Naurah

MAN 1 Bekasi membuka pendaftaran peserta didik baru (PPDB) Tahun ajaran 2024/2025. Pada PPDB tahun ini memiliki daya tampung 360 siswa.

Kepala MAN 1 Bekasi Drs. Amal Basyari, M.Pd mengatakan bahwa “kepercayaan masyarakat terhadap MAN 1 Bekasi cukup tinggi, hal ini di buktikan dengan PPDB yang hanya bisa menerima 45% dari jumlah pendaftar, selain itu lulusan MAN 1 Bekasi banyak yang di terima di perguruan tinggi terbaik, prestasi peserta didikpun bukan hanya tingkat Kabupaten Bekasi saja tetapi juga sampai tingkat Propinsi bahkan Nasional, jadi jangan ragu untuk menyekolahkan Putra Putri di sekolah ini”.

Di lain tempat Wakamad Humas Misin Baehaqi. M. Pd menyampaikan harapannya “semoga tahun ini pelaksanaan PPDB nya menjadi lebih baik lagi dari tahun sebelumnya, baik mekanismenya, ataupun kesungguhannya, agar semua siswa/i mengikuti alur atau peraturan yang sudah diterapkan oleh Kementerian Agama.”

Berikut tanggal pelaksanaan PPDB MAN 1 Bekasi 2024/2025:
Jalur prestasi dan afirmasi, pada tanggal 04 Maret 2024 – 30 April 2024
Jalur reguler, pada tanggal 02 Mei 2024 – 03 Juni 2024
Sekretariat Pendaftaran di buka pada hari Senin – Jum’at Pukul 08.00 WIB – 15.00 WIB

Apa saja yang harus dipersiapkan untuk mengikuti jalur prestasi?
Persyaratan jalur prestasi adalah prestasi siswa dalam bidang keagamaan, bidang akademik, maupun bidang non-akademik yang di buktikan dengan sertifikat prestasi tersebut. Selain itu nilai rapor juga bisa digunakan dalam pendaftaran jalur prestasi ini, Nilai minimal 80 (seluruh bidang studi semester 1,2,3,4, dan 5), selain itu jalur prestasi ini juga untuk siswa Hafiz Quran yang dapat di buktikan dengan sertifikat. Selain itu jalur afirmasi juga bisa digunakan untuk keluarga yang kurang mampu.

Presentase PPDB tahun ini 60% melalui Jalur Reguler, dimana Calon peserta didik baru mengikuti seleksi tes tulis/CBT, 25% Jalur Prestasi (Bidang Keagamaan 5%, Bidang Akademik 5%, Bidang Non-Akademik 5%, dan Rapor 10%), dan 15% Jalur Afirmasi (KIP/PKH/KKS, SKTM, dan Anak kandung Guru MAN 1 Bekasi)

Qomar salah seorang wali murid yang sedang mendaftarkan anaknya di Loket PPDB mengatakan “Menurut saya MAN 1 Bekasi ini Bagus, maka dari itu saya punya niat agar anak saya didaftarkan di sekolah ini dan mudah-mudahan diterima.” Ujarnya.
“karena sekolah ini berbasis agama dan kebetulan anak saya lulusan pesantren, saya percaya sekolah ini membuat anak saya menjadi generasi penerus bangsa yang baik” Sambungnya.

Tenaga pendidik MAN 1 Bekasi banyak yang dari lulusan S2, sehingga profesionalitas dalam mendidik sudah tidak diragukan lagi, selain itu kinerja yang kreatif dan inovatif menjadi kunci dalam mendidik siswa/i. Sarana dan Prasarana MAN 1 Bekasi sangat memadai diantaranya, Kelas dengan AC dan Proyektor, Ruang Multi Media, Lab Komputer, Gedung Olahraga, Lapangan Olahraga seperti Basket, Futsal dan Voli, kantin sehat, Masjid, toilet siswa serta Perpustakaan. (07/03/24)

Kontributor: Naurah
Editor: Muhamad Hilmi

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

+ 86 = 88