Info Sekolah
Kamis, 22 Feb 2024
  • Asesmen Sumatif Ganjil Dimulai Tanggal 27 November 2023
  • Asesmen Sumatif Ganjil Dimulai Tanggal 27 November 2023
26 Januari 2023

Menerawang Dunia Kampus lewat Career Day MAN 1 Bekasi

Kam, 26 Januari 2023 Dibaca 12x Berita / Kesiswaan / Pendidikan / Tak Berkategori

Para alumni MAN 1 Bekasi yang menjadi mahasiswa di beberapa perguruan tinggi, berfoto bersama dengan bapak ibu BK MAN 1 Bekasi, Kamis (26/01) bertempat di Lapangan Basket MAN 1 Bekasi. Image : istimewa

Bekasi,-JMCman1bekasi

MAN 1 Bekasi gelar kegiatan ” Career Day ” guna memberikan edukasi serta informasi terkait dunia kampus untuk siswa-siswi kelas XII, dengan tema ” Masa Depan Tergantung Pada Apa Yang Kamu Lakukan Pada Dirimu “. Bertempat di Masjid Bahrul Ulum, Kamis ( 26/1 ).

Kepala Madrasah MAN 1 Bekasi Drs.H.Amal Basyari yang di wakili oleh Waka Bidang Umum, Rais Ali Alwaziri S.Pd, dalam sambutannya, mengutarakan bahwa Career Day ini ajang penting bagi siswa-siswi kelas XII yang merupakan gerbang sekaligus momentum siswa untuk bisa menentukan masa depannya guna memilih universitas yang diinginkan. 

” Minimal menerawang, kalian kedepannya mau bagaimana perihal dunia kampus ” tegasnya 

Di lain tempat, Ika Rostika, S.Psi selaku ketua pelaksana kegiatan, ketika dimintai tanggapan oleh tim JMC ( 26/1 ), menerangkan bahwa kegiatan ini diadakan oleh Bimbingan Konseling MAN 1 Bekasi terkait program bimbingan karir, serta tujuan dari kegiatan Career Day ini agar peserta didik MAN 1 Bekasi dapat memilih masa depannya untuk berkarir dalam hal melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri. 

Career Day sendiri diartikan sebagai serangkaian aktivitas yang bertujuan untuk melatih, menginformasikan, dan mempersiapkan diri peserta didik guna menentukan masa depan mereka dalam karirnya di perguruan tinggi negeri. 

Lanjutnya menjelaskan, kegiatan ini diawali dengan sambutan beberapa penanggung jawab kegiatan kemudian dilanjut oleh pemateri yang akan menjelaskan jalur-jalur masuk PTN/PTS, serta sosialisasi pengenalan kampus dan pengalaman-pengalaman alumni MAN 1 Bekasi selama menjadi mahasiswa. 

” Bagi peserta didik yang sudah menemukan kampus yang ingin dituju dan ingin menggali lebih dalam terkait informasi Universitas, dapat menuju ke meja stand kampus yang berlokasi di Panggung Kreasi Seni MAN 1 Bekasi” ujarnya.

Beliau berharap, kegiatan Career Day ini dapat memberikan pengarahan bagi kelas XII untuk lebih banyak melanjutkan ke perguruan tinggi negeri maupun swasta. 

Di tempat terpisah, Sutara Surya Atmaja, MM.Pd selaku guru BK kelas XII,  mengharapkan peserta didik mampu memilih perguruan tinggi dengan baik, guna menjalani pendidikan yang selanjutnya.

Semantara itu, Imam Maulana S.Pd selaku pembawa acara, memberikan penjelasan  bahwa Career Day kali ini dihadiri oleh Mahasiswa-mahasiswa dari 9 Universitas Negri yang cukup terkenal di Indonesia dan juga PTS di Kab Bekasi yang mana mereka semua merupakan alumni MAN 1 Bekasi  diantaranya :  Universitas UIN Sunan Gunung Djati Bandung, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Padjadjaran, Universitas Diponegoro, Universitas Singaperbangsa Karawang, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Jenderal Sudirman

Beliau juga mengatakan mahasiswa sekaligus Alumni MAN 1 Bekasi ini nantinya akan memberikan beberapa pengetahuan serta pengalamannya kepada siswa-siswi kelas XII, terkait Sukses SNBP dan SNBT, Sharing PTN, KIP Kuliah, serta Campus Expo.

Sementara itu, Salma Saudah Azizah Mahasiswi Universitas Padjadjaran juga merupakan pemateri dalam kegiatan Career day kali ini memberikan beberapa tips jalur masuk Universitas yang diinginkan serta mendapatkan beasiswa, salah satunya adalah restu dari kedua orang tua, beliau juga memberikan tanggapan nya bahwa menentukan jurusan itu penting.

” Jurusan itu menentukan arah kalian ke masa depan “, tegasnya

Di tempat yang sama, Siva Widia Nadikta Mahasiswi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta sekaligus merupakan alumni MAN 1 Bekasi angkatan 2021, juga memberikan pengetahuan serta pengalamannya terkait fakultas-fakultas di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta serta beberapa informasi perihal beasiswa, baik yang terdapat di UIN Syarif Hidayat Jakarta maupun yang terdapat di luar Universitas tersebut.

” Beasiswa itu perlu supaya dapat meringankan ekonomi pada masa kuliah. Banyak banget informasi-informasi terkait beasiswa, saya sarankan juga untuk mencari informasi beasiswa di internet ” ungkapnya 

Siva berharap, agar lebih banyak Siswa-siswi MAN 1 Bekasi yang diterima di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Kontributor : Indi Lindiati (X 4)

Editor : Heri HR

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

59 + = 67