Info Sekolah
Kamis, 30 Mei 2024
  • PPDB JALUR PRESTASI DAN AFIRMASI 04 MARET S/D 30 APRIL 2024 | PPDB JALUR REGULER 02 MEI S/D 03 JUNI 2024 | PELEPASAN KELAS XII 08 MEI 2024
  • PPDB JALUR PRESTASI DAN AFIRMASI 04 MARET S/D 30 APRIL 2024 | PPDB JALUR REGULER 02 MEI S/D 03 JUNI 2024 | PELEPASAN KELAS XII 08 MEI 2024
2 Mei 2023

Semarakkan Merdeka Belajar, MAN 1 Bekasi Gelar Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional 

Sel, 2 Mei 2023 Dibaca 26x Tak Berkategori

Suasana Upacara peringatan hari pendidikan nasional di MAN 1 Bekasi, Selasa (02/05)

Bekasi -HumasMAN1Bekasi

Semarakkan Merdeka Belajar, MAN 1 Bekasi Gelar Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional bertempat di lapangan Upacara Man 1 Bekasi, Selasa (2/05).

Kepala Madrasah MAN 1 Bekasi Drs.H. Amal Basyari sekaligus sebagai pembina Upacara membacakan pidato dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, Nadiem Anwar Makarim. Beliau menyampaikan bahwa dalam 3 tahun terakhir terjadi perubahan signifikan dari ujung Barat sampai ujung timur Indonesia, 24 episode merdeka belajar yang sudah diluncurkan membawa kita untuk mewujudkan cita-cita luhur Ki Hajar Dewantara yaitu dalam bidang pendidikan, bakat, minat, potensi, peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai manusia dan anggota masyarakat.

Dengan hadirnya platform merdeka belajar dan kurikulum merdeka para guru berlomba-lomba untuk berbagi, berkarya, serta lebih bebas berinovasi. 

Sejalan dengan kurikulum merdeka yang mengajarkan pelajaran yang mendalam untuk pengembangan karakter dan kompetensi seleksi masuk perguruan tinggi pun sekarang fokus pada mengukur kemampuan literasi dan bernalar. 

Perjuangan mesti kita teruskan, agar semua anak bangsa merasakan kemerdekaan yang sebenar-benarnya dalam belajar dan bercita-cita. Oleh karena itu mari kita semarakkan hari ini dengan semangat produktivitas belajar, mendidik generasi pelajar pancasila yang cerdas berkarakter yang membawa ke Indonesia melompat ke masa depan dengan pendidikan yang merdeka.

Dalam kesempatan itu pula, Drs.H.Amal Basyari mengatakan yang pertama ialah bawah pendidikan ini harus betul-betul bisa mencegah pada perbuatan perbuatan yang tidak baik, bisa jadi pendidikan karakter dan  moral  itu sudah disampaikan dalam al quran pada 14 abad yang lalu dimana pendidikan harus bisa mencegah pada perbuatan yang tidak baik. kedua tentunya seiring kemajuan teknologi, bahwa pendidikan harus melahirkan bukan hanya tentang bagusnya moralitas tetapi terkait dengan ilmu pengetahuan dan teknologi yang cukup pesat kemajuannya. Dimana kemajuan  ilmu pengetahuan dan teknologi semuanya yang susah menjadi mudah dan yang berat menjadi ringan yang penting jangan disalah gunakan.

Ketiga bahwa dengan Hardiknas ini tentunya untuk tenaga pendidik dan kependidikan wajib meningkatkan profesionalisme sesuai dengan tusinya. misalnya kepala madrasah dengan Hardiknas ini tentunya kita harus meningkatkan profesionalitasnya dalam bidang manajerial, kalau dewan guru bisa meningkatkan kinerjanya dalam bidang belajar mengajar yang kreatif dan inovatif sedangkan tenaga pendidikan bisa memberikan pelayanan yang prima secara administrasi kepada masyarakat. Dengan adanya Hardiknas kita berharap penataan ruang belajar lebih baik lagi. Rencananya besok tanggal 9 mei ada penanaman 1 juta pohon di lingkungan madrasah yang tersebar 680 titik se- Jawa Barat. sehingga dengan hari pendidikan nasional ini dunia pendidikan mempunyai wajah baru dalam rangka peningkatan kuantitas dan kualitas pendidikan itu sendiri.

“Makna Sawal ini tidak lain adalah peningkatan sehingga kita wajib terus meningkatkan perilaku disiplin, meningkatkan kualitas diri serta semangat belajar” ujarnya.

Setelahnya, Drs.H.Amal Basyari menyampaikan harapannya terkait peringatan Hari Pendidikan Nasional, khusus untuk para siswa MAN 1 Bekasi harus terus meningkatkan kemampuannya serta prestasinya sehingga wajah MAN 1 Bekasi menjadi sangat baik lagi, serta juga harus mengalami peningkatan dari segi kedisiplinan siswa serta lulusannya harus betul – betul berkualitas yang mana bisa dilihat dari lulusan yang diterima di Perguruan tinggi yang di Favoritkan.

lanjutnya beliau berharap agar dengan berjalannya program merdeka belajar atau merdeka mengajar, MAN 1 Bekasi bisa mengimplementasikan seperti apa yang diinginkan Menteri Pendidikan, Nadiem Anwar Makarim.

Kontributor : Inas Muthmainnatul Adhya (XI IPS 3)

Editor : Heri HR

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

− 1 = 2