Teladani Akhlakul karimah Nabi Muhammad SAW, MAN 1 Bekasi Gelar Maulid Nabi

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupatan Bekasi, KH Asnawi S.Ag, ketika memberikan sambutan dalam kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 H di halaman MAN 1 Bekasi, (13/10). image : Mohamad Hilmi, S.Kom

Bekasi,-Humasman1bekasi

MAN 1 Bekasi menyelenggarakan peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw 1444 H.Perayaan maulid ini dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupatan Bekasi, H Asnawi S.Ag, serta juga dihadiri oleh Ust. Mursalin yang diberikan amanah untuk membawakan hikmah maulid kali ini. Acara ini dilaksanakan pada Kamis, (13/10) dengan tema “Keutamaan adab dan Akhlakul karimah dalam menuntut ilmu.”

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupatan Bekasi, KH Asnawi S.Ag, dalam sambutannya ia menyampaikan harapan dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dapat menjadi implementasi tujuan madrasah yaitu meningkatkan keimanan dan ketakwaan terkhusus untuk para siswa – siswi MAN 1 Bekasi.

“Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW memiliki tujuan utama yaitu bersalawat kepada Beliau sehingga dengan adanya kegiatan Maulid Nabi akan mendorong untuk memperbanyak shalawat kepada Nabi Muhammad SAW dan juga mencontoh serta meneladani akhlak Rasulullah SAW, seperti shidiq, amanah, fatanah, dan tabligh, dan terakhir tujuannya supaya kita bersemangat dalam menjalankan serta menyebarkan ajaran Islam yang telah diperjuangkan oleh Nabi Muhammad SAW terutama salat wajib dan puasa,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala MAN 1 Bekasi, Drs. H.Amal Basyari M.Pd.I ketika dimintai tanggapan Kamis (13/10) menyampaikan salam hormat kepada Kankemenag Kab Bekasi yang telah meluangkan waktu untuk bisa hadir dalam Peringatan Maulid Nabi di lingkungan madrasah yang dipimpinnya.

Ia juga bersyukur karena dapat melangsungkan peringatan Maulid Nabi, meskipun dengan cara sederhana. Ia pun berharap, melalui peringatan Maulid Nabi, anak-anak dapat meneladani sifat-sifat Nabi Muhammad SAW. “Semoga kegiatan ini menginspirasi ghirah dan semangat siswa untuk belajar, menuntut ilmu, dengan semangat meneladani Rosulullah SAW,” harapnya.

Hal serupa juga diungkapkan Nazipa dan Ariq siswa kelas X 8, MAN 1 Bekasi mengatakan bahwa kegiatan maulid Nabi kali ini sangat meriah dan juga banyak mendapatkan pembelajaran terkait sifat-sifat terpuji yang memang wajib dimiliki oleh seorang siswa.

“Kami senang dengan acara peringatan Maulid Nabi, karena dengan digelar di halaman madrasah, kami bisa saling bertemu dengan teman-teman lainnya, sehingga bisa saling bercengkrama dan bergurau,”ungkap Nazipa

Sementara Ariq menyampaikan materi lucu, penuh semangat, jadi kami yang mendengarkan tidak bosan, tetapi bisa memetik hikmah dari tausiyah yang dibawakannya. Meskipun terik matahari sangat panas, tidak mengurangi semangat kami untuk mengikuti kegiatan hingga akhir.

Dalam tinjauan di lapangan Perayaan maulid di MAN 1 Bekasi berjalan lancar, yang mana sekitar 1077 siswa tampak hadir dan di tambah 79 dewan guru menjadikan suasana Maulid kali ini tampak meriah, bahkan acara diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Quran serta lantunan bacaan kitab Barzanji oleh tim hadrah MAN 1 Bekasi. Irama rebana yang menggema menambah khidmat acara. Kegiatan ini merupakan inovasi dan kreativitas para siswa khususnya anggota Rohis MAN 1 Bekasi untuk menyelenggarakan Maulid Nabi .

Lantunan sholawat seperti Habibi Ya Muhammad, Sholawat Badriyah bergemuruh dan mendapat antusias dari para siswa sehingga acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dapat berjalan dengan lancar dan meriah.

Kontributor : Heri Herdianto S.Pd

Fotogarfer : Mohamad Hilmi, S.Kom