Info Sekolah
Sabtu, 21 Feb 2787
  • Asesmen Sumatif Ganjil Dimulai Tanggal 27 November 2023
  • Asesmen Sumatif Ganjil Dimulai Tanggal 27 November 2023
11 Desember 2023

TIM GLM MAN 1 Bekasi Adakan Pameran Literasi Upaya Menumbuhkan Budaya Literasi

Sen, 11 Desember 2023 Dibaca 32x Berita / Education / Kesiswaan / Pendidikan

Siswa sangat antusias melihat pameran literasi karya siswa MAN 1 Bekasi, Senin (11/12) bertempat di Pankreas MAN 1 Bekasi. Image : M Hilmi, S.Kom

Bekasi,- Humas MAN 1 Bekasi

Sebagai upaya menumbuhkan budaya literasi pada siswa-siswi MAN 1 Bekasi, Gerakan Literasi Madrasah ( GLM) selenggarakan pameran literasi. Kegiatan ini dilaksanakan perdana pada tahun ini oleh Tim Smart dan Tim Galaksi bertempat di Pankreas MAN 1 Bekasi, Senin (11/12) 

Kepala Madrasah Aliyah Negeri 1 Bekasi, Drs.H. Amal Basyari, M.Pd.I, ketika di mintai tanggapan oleh Kehumasan ( 11/12) membenarkan bahwa Gerakan Literasi Madrasah ( GLM) menggelar kegiatan pameran literasi madrasah yang gawangi oleh Tim Smart dan Tim Galaksi.

Beliau mengatakan Tim Smart dan Tim Galaksi merupakan dua tim GLM MAN 1 Bekasi yang sedang mengikuti Kejuaraan Literasi tingkat Provinsi dengan nama TALENTA ( Tantangan Literasi Nusantara) yang sudah mereka ikuti dari bulan Februari 2023. 

“ Kegiatan pameran literasi tersebut merupakan bagian dari perlombaan dan menang menjadi program GLM MAN 1 Bekasi untuk membumingkan Literasi di Madrasah” ujarnya

Pihaknya berharap TIM GLM MAN 1 Bekasi yang sedang mengikuti perlombaan literasi tingkat Provinsi mendapatkan hasil yang terbaik sehingga menjadi motivasi untuk madrasah untuk terus meningkatkan literasinya.

Sementara itu, Dra, Surip Sriatun, ketua pelaksana kegiatan Pameran literasi serta sebagai ketua tim galaksi mengatakan bahwa memang kegiatan pameran ini bagian dari memenuhi tantangan literasi nusantara dan juga program GLM MAN 1 Bekasi.

Beliau mengatakan tema pameran literasi ini adalah Bersinergi Membangkitkan Literasi. Dimana dalam pemeran ini ditampilkan karya dari para siswa/i serta para guru, seperti lukisan, tote bag yang dikreasikan dengan dianyam dan dilukis, souvenir yang dibuat siswa/i, aksara sunda, buku antologi puisi karya siswa, antologi cerpen karya siswa serta buku buku modul yang dibuat oleh dewan guru MAN 1 Bekasi, dan buku kaya guru itu sendiri.

“Selama 10 bulan kami menghadapi tantangan demi tantangan, salah satu tantangan yang kita lewati yaitu mengadakan pameran literasi”.Ujarnya.

Lanjutkan menjelaskan bahwa pameran literasi telah bekerja sama dengan provider XL yang mana para siswa yang datang ke pameran literasi akan mendapatkan kartu XL beserta kuota gratis sebesar 10GB serta juga cinderamata dari panitia.

“ Alhamdulillah tidak disangka ternyata siswa sangat antusias dengan pameran literasi ini terlihat dari banyaknya siswa/i yang datang ke pameran.” Ujarnya.

Bahkan bukan hanya itu pihak panitia pameran membuat lomba dimana bagi siswa MAN 1 Bekasi yang selfie terbaik dan memakai hashtag #PameranLiterasiMAN1Bekasi akan mendapatkan doorprize dari panitia sehingga hal tersebut yang membuat kegiatan pameran literasi banyak pengunjung dan siswa antusias.

Pihaknya berharap dengan adanya pameran literasi ini, akan tumbuh budaya literasi dalam jiwa siswa sehingga terbiasa dalam membaca, menulis, serta lebih banyak lagi untuk menciptakan karya

“Kami berharap dengan adanya tantangan literasi nusantara, dari semua yang diikutsertakan yaitu tim talenta dan tim galaksi menjadi spot dalam menggerakkan literasi di MAN 1 Bekasi dan menjadi benih-benih untuk menyalurkan semangat literasi di MAN 1 Bekasi” harapnya.

Adapun beberapa tanggapan dari siswa setelah mengikuti pameran literasi tersebut, salah satunya Rahma siswi dari kelas XI-8 mengatakan sangat senang dengan adanya kegiatan pameran literasi dimana pihak bisa melihat karya karya terbaik siswa MAN 1 Bekasi dalam menciptakan karya berupa karya seni dan juga tulisan yang dibukukan itu sungguh luar biasa dan menjadi penambah motivasi buat dirinya bahwa berkarya lewat menulis itu sangat berharga dan membanggakan.

 “Sangat bagus karena dapat membaca modul para guru serta melihat karya para siswa-siswi dan ini merupakan pengalaman terbaru karena baru diadakan tahun ini”. Ujarnya.

Kontributor : Nisrina ( XI 5)

Editor : Heri HR

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

2 + 8 =