Belajar Berdemokrasi, siswa MAN 1 Bekasi sukses gelar Pemilu Raya

Para calon Ketua OSIS dan Wakil Ketua OSIS mengangkat kertas suara setelah selesai pencoblosan, Jumat 11 November 2022, di pankreas MAN 1 Bekasi. Image : Heri HR

Bekasi,-(humasman1Bekasi)
Sekitar Seribu Siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Bekasi (MAN 1 Bekasi) berpartisipasi dalam Pemilu Raya untuk memilih ketua dan wakil ketua organisasi siswa intra sekolah (OSIS), di Lapangan MAN 1 Bekasi, Jumat (11/11/2022).

Pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS ini digelar mirip penyelenggaraan pemilihan umum (pemilu). Yakni pemilihan diselenggarakan oleh siswa yang bertugas sebagai Komisi Pemilihan OSIS MAN 1 Bekasi. Para siswa tersebut yang merancang aturan dan tahapan ‘pesta demokrasi’ tingkat pelajar madarasah tersebut.

Kepala Madarasah MAN 1 Bekasi, H Amal Basyari dalam sambutannya mengatakan, pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS periode 2022-2023 ini merupakan salah satu bentuk pembelajaran tentang demokrasi.

“Siswa bisa belajar memilih pemimpinnya dengan demokratis,” ungkapnya

Beliau mengatakan, kita wajib menjungjung tinggi objektivitas dan di samping kan subjektivitas dan jangan ada perbedaan dari hasil pemilihan nanti.

“Siapapun yang menjadi pimpinan OSIS itu merupakan bagian dari kita, bangun kekompakan dan jalankan sesuai program” ungkapnya

Pihaknya berharap para siswa mendapatkan pengalaman tersendiri, mengerti mekanisme berdemokrasi dan mereka berani bersuara, karena bagaimana pun mereka kelak akan mengelola negara ini dan menjadi penerus bangsa.

Sementara itu, Waka Kesiswaan MAN 1 Bekasi, H Asep Gunawan menjelaskan sejatinya pemilihan ini intinya ada pada proses yang dijalani, sejak dalam rapat pembentukan Komisi Pemilihan Osis (KPO) hingga pemilihan selesai. Karena ini sebagai ajang pembelajaran berpolitik dan berdemokrasi sehat bagi seluruh peserta didik.

Tahapan-tahapan pemilihan ketua OSIS dimulai dari pemilihan calon ketua dan wakil ketua OSIS serta pemberian nomor urut. Para calon ketua OSIS sebelumnya menyampaikan visi dan misi untuk menjelaskan program kerja yang akan dilakukan selama kepengurusannya yang kemudian hari ini dilanjutkan dengan pemungutan suara oleh seluruh warga madrasah.

Lanjutnya mengatakan para siswa memilih kandidat yang ada secara langsung, dengan mencoblos kertas suara berisikan gambar foto pasangan calon (paslon) ketua dan wakil ketua OSIS, di sebuah bilik suara.

Kertas suara lalu dimasukkan oleh siswa ke dalam kotak suara, mirip suasana di tempat pemungutan suara (TPS) saat coblosan pemilu

Pemilihan dilaksanakan , 11 November 2022 setelah berakhirnya masa tugas pengurus OSIS periode 2021/2022. Kegiatan digelar di lapangan MAN 1 Bekasi dengan 2 pasang kandidat, masing-masing Muhammad Falah Al-Hakim dan Salwa Azzahra sebagai kandidat nomor urut 1 serta Haldyka Excel Paleva dan Az-Zahra Nur Fitriyah sebagai kandidat nomor 2.

Setelah melewati suasana menegangkan maka terpilih pasangan nomor urut 2 Haldyka Excel Paleva sebagai Ketua dan Az-Zahra Nur Fitriyah sebagai Wakil Ketua OSIS MAN 1 Bekasi masa bakti 2022 /2023 dengan perolehan 80 % suara.

Misin Baehaqi selaku Pembina OSIS mengucapkan selamat kepada pasangan nomor urut 2 yang menjadi ketua OSIS MAN 1 Bekasi.
“semoga amanah dan bisa bekerja sama dengan pengurus OSIS lainnya untuk mewujudkan dan menjalankan program dengan lebih baik dan dapat menjadi teladan yang baik bagi peserta didik MAN 1 Bekasi”.

Sementara itu Haldyka Excel Paleva selaku ketua OSIS terpilih berjanji akan bertanggung jawab dan memajukan OSIS MAN 1 Bekasi. “Kami sangat senang bisa terpilih sebagai Ketua dan Wakil Ketua OSIS, kami akan pertanggungjawabkan atas kepercayaan yang diberikan dan semoga ke depan OSIS semakin maju”. ujarnya.(HR)

kontributor : Heri Herdianto, S.Pd