Info Sekolah
Kamis, 11 Apr 2024
  • PPDB JALUR PRESTASI DAN AFIRMASI 04 MARET S/D 30 APRIL 2024 | PPDB JALUR REGULER 02 MEI S/D 03 JUNI 2024 | PELEPASAN KELAS XII 08 MEI 2024
  • PPDB JALUR PRESTASI DAN AFIRMASI 04 MARET S/D 30 APRIL 2024 | PPDB JALUR REGULER 02 MEI S/D 03 JUNI 2024 | PELEPASAN KELAS XII 08 MEI 2024
2 Maret 2024

MAN1 BEKASI MELAKSANAKAN KEGIATAN P5P2RA FASE E DAN FASE F TAHUN PELAJARAN 2023/2024 DENGAN TEMA PEMANFAATAN SAMPAH ORGANIK DAN ANORGANIK

Sab, 2 Maret 2024 Dibaca 44x Berita
Pengumpulan sampah anorganik oleh wakamad Bidang Kurikulum Toyyib secara simbolis


MAN 1 Bekasi kembali mengadakan kegiatan P5P2RA (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil ‘Alamiin) dengan tema gaya hidup berkelanjutan dan sub tema pengolahan limbah organik dan anorganik menjadi karya yang bermanfaat.
Kegiatan ini diselenggarakan pada hari Senin (19/02) sampai acara puncaknya yakni di hari jum’at (23/02), yang diikuti oleh seluruh siswa/i kelas X dan XI.
Pada pembukaan acara tersebut Toyyib, S.Pd. M.P.Fis, Waka bidang kurikulum mengatakan rasa syukur atas terselenggaranya kegiatan P5P2RA. Menurutnya, kegiatan ini memiliki tujuan untuk menguatkan profil pelajar pancasila, diantaranya memiliki jiwa keimanan, ketakwaan, berakhlak mulia, kreatif, dan bergotong -royong.


“Kegiatan P5P2RA ini memiliki beberapa tujuan, pertama memiliki jiwa keimanan, ketakwaan, berakhlak mulia, contohnya, membuang sampah pada tempatnya, kedua, kreatif contohnya, membuat pot dari sampah botol plastik, ketiga gotong royong contohnya, setiap kelas bekerja sama membersihkan sampah dilingkungan sekolah. Jadi, semua itu terhubung ke profil pelajar pancasila.” Ujarnya
“Proyek ini tujuannya adalah menguatkan dari profil pelajar Pancasila, profil pelajar Pancasila itu ada 6 yang harus dimiliki oleh setiap siswa, yaitu Beriman/bertakwa dan berakhlak mulia, Berkebhinekaan global, Kreatif, Mandiri, Gotong royong, Berfikir kritis.” Sambungnya.
Ia juga berharap dengan adanya P5P2RA ini siswa/i MAN 1 Bekasi dapat memliki pribadi yang memanfaatkan sampah organik dan anorganik menjadi lebih bermanfaat.
“Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan P5P2RA ini siswa kelas xi dapat memliki pribadi yang memanfaatkan sampah organik menjadi lebih bermanfaat contohnya, kompos. Begitupun siswa kelas x bisa memanfaatkan sampah anorganik menjadi benda-benda yang bermanfaat.” Harapnya


Sekolah juga sebagai komunitas yang dapat membangun kesadaran dari seluruh masyarakatnya mengenai sampah yang dihasilkan setiap harinya, dan bagaimana peran kita dalam mengurangi bahaya sampah di bumi. Melalui pengelolaan sampah ini diharapkan siswa dapat membangun kesadaran untuk bersikap dan berperilaku ramah lingkungan.


Di lain tempat Menurut pa Saifunnajat, S.Pdi sebagai fasilitator kelas X-4 “tujuan proyek ini agar siswa menjadi kreatif, inovatif dan insiatif dalam rangka kebersihan lingkungan misalnya sampah yang dibuat menjadi kursi, meja, dan lain lain.” Adapun perubahan yang timbul diadakannya proyek ini adalah lingkungan menjadi bersih dan siswa menjadi kreatif.
“Dengan adanya aksi sehari-hari yang dapat dilakukan sebagai komunitas untuk Mengatasi permasalahan sampah di sekolah yaitu dengan cara bersama-sama menjaga lingkungan dengan adanya kesadaran, jika itu rutin dilaksanakan insya Allah lingkungan bisa terjaga.” ucapnya


Sementara itu, Irma Fuji Astuti, S.Hum selaku fasilitator kelas XI.3 mengatakan Bahwa tujuan dari kegiatan P5P2RA selain memilki jiwa keimanan, ketakwaan, berakhlak mulia, kreatif, dan Bergotong-royong kegiatan ini juga menyadarkan siswa untuk memilah dan memilih sampah organik mana anorganik dan kesadaran lebih terhadap sampah supaya dibuang pada tempatnya.


Melalui pengelolaan sampah diharapkan siswa dapat membangun kesadaran untuk bersikap dan berperilaku ramah lingkungan serta mencari jalan keluar untuk masalah lingkungan serta mempromosikan gaya hidup serta perilaku yang lebih berkelanjutan dalam keseharian.

Nisrina Chairunnisa salah satu siswi kelas xi.5 mengatakan bahwa dirinya dan teman-temannya sangat antusias dalam mengikuti kegiatan P5P2RA.
“Kami sangat antusias karena dalam kegiatan ini kami mendapatkan ilmu tentang pengelolaan sampah organik.” Ujarnya
Dari pantuan humas di setiap kelas memang para siswa-siswi tampak antusias mengikuti kegiatan yang berlangsung selama 5 hari tersebut, berkobar semangat dan partisipasi seluruh siswa-siswi untuk mengikuti kegiatan P5P2RA tahun ini.

Kegiatan siswa/i dalam P5P2RA ini dapat di saksikan dalam video berikut ini:
Hari ke 1 https://youtu.be/Gltxqz4PFEg
Hari ke 2 https://youtu.be/dYnWvkv1t1Q
Hari ke 3 https://youtu.be/f1dzK2vgLjc

Kontributor : Ade Jalaludin dan Naurah
Editor: Muhamad Hilmi

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

55 − 47 =