Info Sekolah
Rabu, 20 Feb 6475
  • Asesmen Sumatif Ganjil Dimulai Tanggal 27 November 2023
  • Asesmen Sumatif Ganjil Dimulai Tanggal 27 November 2023
8 Desember 2023

Jaga Kebugaran Jasmani, MAN 1 Bekasi Senam Bersama Kementerian Kesehatan RI 

Jum, 8 Desember 2023 Dibaca 31x Berita / Kesiswaan / Pendidikan

Seluruh Civitas MAN 1 Bekasi sedang melakukan senam,Jumat (8/12) bertempat di lapangan Olahraga MAN 1 Bekasi. Image : M Hilmi S.Kom

Bekasi- Humas MAN 1 Bekasi 

Seluruh civitas MAN 1 Bekasi dari mulai dewan guru, siswa, unsur pimpinan dan tenaga tata usaha mengawali Jumat pagi dengan senam sehat bersama Kementerian Kesehatan RI, Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Barat,  Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bekasi dan puskesmas Cikarang Utara serta Kasubag TU Kemenag Kab Bekasi. Jumat ( 08/12) bertempat di lapangan Olahraga MAN 1 Bekasi.

Kepala Madrasah Aliyah Negeri 1 Bekasi, Drs.H. Amal Basyari, M.Pd.I ketika di mintai tanggapan oleh Humas ( 8/12)  mengatakan bahwa kegiatan senam pagi ini memang menjadi program MAN 1 Bekasi yang mana tujuannya agar para siswa tetap terjaga kesehatannya sebagaimana yang telah disebutkan dalam Al-Quran.

“Pertama kita mengacu kepada ayat suci Al-Quran

وَلْيَخْشَ الَّذِينَ لَوْ تَرَكُوا مِنْ خَلْفِهِمْ ذُرِّيَّةً ضِعْفًا

“ Kata Allah jangan kau tinggalkan generasi kedepan itu adalah generasi yang lemah. sebagian mufasir menafsirkan ذُرِّيَّةً ضِعْفًا itu lemah ekonomi, tapi apabila ذُرِّيَّةً ضِعْفًا itu kita kembangkan secara kontekstual maka juga bisa di tafsirkan jangan meninggalkan generasi kedepan itu adalah generasi yang tidak sehat.” Ujarnya.

Beliau menjelaskan olahraga senam memiliki sejumlah manfaat salah satunya dapat mengurangi stres dan meningkatkan mood mengingat seluruh siswa sehabis melaksanakan Asesmen Sumatif sehingga diadakannya senam pagi dapat menjaga kebugaran jasmani dan rohani para warga MAN 1 Bekasi setelah melakukan kegiatan yang luar biasa yakni Asesmen Sumatif.

“Nah, senam itu salah satu upaya preventif bahwa siswa MAN 1 Bekasi itu harus selalu tetap jaga kesehatan melalui olahraga senam bersama. Saya berharap dengan senam pagi tadi kita diberi kesehatan oleh Allah. Aamiin” harapnya 

Sementara itu, dr. Mularsih Restianingrum, MKM. Ketua Tim Kerja Surveilans Gizi KIA dari Kementerian Kesehatan RI mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan senam yang dilakukan di MAN 1 Bekasi karena olahraga senam bukan hanya olahraga yang sangat familiar tetapi juga sangat bermanfaat untuk menjaga tubuh, stamina dan konsentrasi.

“Senam bermanfaat untuk menjaga tubuh kita, apalagi kalau dilakukan secara rutin akan sangat bermanfaat untuk menjaga stamina, adik-adik juga kalau untuk konsentrasi akan lebih bagus lagi, akan lebih konsentrasi dalam belajar, kalau kita sudah terbiasa melakukan aktivitas fisik seperti senam tadi,” Ujarnya

Pihaknya berharap kegiatan senam menjadi salah satu program yang terus rutin dilakukan di MAN 1 Bekasi ini. Selain manfaat untuk kesehatan jasmani, olahraga senam  juga baik untuk kesehatan mental kita. Karena olahraga senam dapat mengeluarkan adrenalin-adrenalin dan juga endorfin yang akan membuat kita itu bahagia. Selain itu, bisa kumpul dengan teman jadi saling ngobrol dan tambah akrab.

“ Senam tak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik saja. Namun juga bermanfaat untuk kesehatan mental. Apalagi, aktivitas olahraga senam merangsang tubuh untuk memproduksi hormon bahagia atau hormon endorfin. Maka harus dirutinkan digelar ” harapnya 

Di tempat terpisah Fauziah, S.Pd guru BK MAN 1 Bekasi sekaligus instruktur senam menjelaskan senam ini menjadi rutinitas di sekolah MAN 1 Bekasi setiap sebulan sekali di minggu pertama biasanya di awal bulan atau akhir bulan sesuai situasi kondisi. Karena manfaat dari senam ini di gelar di madrasah agar kita semua, baik itu guru-guru atau staf TU dan terutama siswa MAN 1 Bekasi menjadi sehat, bugar dan selalu cerdas ceria sesuai motto MAN 1 Bekasi.

Semntara itu pembina PMR MAN 1 Bekasi, Nur Afni Silvia, S,Pd menjelaskan kegiatan ini merupakan kerjasama Tim kader kesehatan remaja dan PMR MAN 1 Bekasi, yang menjadi program tindak lanjut dari Stratifikasi UKSM. Sebagai kegiatan aktif aksi gizi, selain senam bersama. 

Lanjutnya mengatakan PMR MAN 1 Bekasi mendapatkan kesempatan untuk belajar tentang peluncuran aplikasi CERIA (Cegah Anemia Remaja) yang di mana untuk mencegah generasi remaja MAN 1 Bekasi dari kekurangan gizi dan terhindar dari stunting. 

 “Karena Program ini menjadikan MAN 1 Bekasi ditunjuk sebagai satu sekolah terpilih dari Kementrian Kesehatan RI, Dinkes Provinsi Jabar, Dinkes Kabupaten Bekasi, serta Puskesmas Cikarang Utara sebagai sekolah yang melaksanakan program kerja Aksi Gizi secara rutin” ujarnya.

Kontributor : Naurah X4

Editor : Heri HR

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

47 + = 54