Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah

Jelang Idul adha,MAN 1 Bekasi siapkan empat ekor sapi dan satu kambing

Bekasi, -(Humas MAN 1Bekasi)
Menjelang Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah tahun 2021, Madrasah Aliah Negeri 1 Bekasi (MAN 1 Bekasi), siapkan empat ekor sapi dan satu hewan kambing untuk dijadikan hewan qurban hal itu di ungkapkan kepala madrasah saat rapat pengukuhan dan pengarahan panitia qurban jumat (17/07) di mesjid Bahrul Ulum MAN 1 Bekasi.

Kepala MAN 1 Bekasi, Drs. H.Amal Basyari M.Pd.I membenarkan bahwa, pihaknya saat ini sudah menyiapkan tiga ekor sapi untuk dikurbankan dalam perayaan Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah tahun ini .

“Ya, tahun ini kami sementara menyiapkan empat ekor sapi dan satu ekor kambing kurban untuk disembeli dimana semua itu dari keluarga besar MAN 1 Bekasi” ujarnya.

Beliau mengatakan untuk dana pembelian hewan qurban itu dikumpulkan secara pribadi dari kelurga besar MAN 1 Bekasi dan satu ekor kambing dari bapak H Badru Tamam yang mana pernah menjabat sebagai kepala MAN 1 Bekasi yang di berikan kepada panitia qurban.

Menurutnya, memperingati hari besar Islam tahun ini sedikit berbeda, karena perayaannya di lakukan di tengah pandemi Covid-19. Namun demikian, pihaknya akan tetap melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban dimana apakah layak untuk di sembelih atau tidak.

Bahkan setelah selesai dilakukan penyembelihan daging hewan kurban tersebut pihaknya mengimbau kepada panitia supaya di cek kelayakannya untuk dikonsumsi, sebelum dibagikan kepada masyarakat.

“sebelum di sembeli saya memint kepada panitia untuk di cek kesehatan hewan kurbanya serta setelah di sembelih juga tetep wajib di cek kelayakannya daging tersebut untuk di konsumsi, sebelum dibagikan kepada masyarakat.”ungkapnya.

Pihaknya mengatakan bahwa Idul Adha yang sejatinya sangat lekat dengan hewan Kurban sudah menjadi kewajiban kaum muslimin dan muslimat untuk merayakannya serta kegiatan penyembelihan hewan kurban ini merupakan agenda tahunan yang sering dilakukan oleh Man 1 Bekasi.

Terlebih, sesuai dengan ketentuan hasil rapat bahwa penyembelihan hewan kurban itu, akan dilakukan satu hari setelah shalat ied Hari Raya Idul Adha tepatnya pada hari sabtu tanggal 21 juli 2021. Ia juga berharap, melalui daging hewan kurban itu, yang akan diberikan kepada warga atau masyarakat di sekitar sekolah yang berhak menerimanya dengan perasaan gembira dan ada kepedulian kepada mereka.

“Hasil rapat semua sepakat bahwa penyembelihan hewan qurban akan di lakukan satu hari setelah shalat ied Hari Raya Idul Adha tepatnya pada hari sabtu tanggal 21 Juli 2021 di halaman sekolah MAN 1 Bekasi, “ujarnya.