Info Sekolah
Kamis, 13 Jun 2024
  • PPDB JALUR PRESTASI DAN AFIRMASI 04 MARET S/D 30 APRIL 2024 | PPDB JALUR REGULER 02 MEI S/D 03 JUNI 2024 | PELEPASAN KELAS XII 08 MEI 2024
  • PPDB JALUR PRESTASI DAN AFIRMASI 04 MARET S/D 30 APRIL 2024 | PPDB JALUR REGULER 02 MEI S/D 03 JUNI 2024 | PELEPASAN KELAS XII 08 MEI 2024
21 Januari 2023

MAN 1 Bekasi: Sekolah Legislatif Madrasah siapkan legislator muda

Sab, 21 Januari 2023 Dibaca 31x Berita / Kesiswaan

Salah seorang pemateri sedang memberikan materinya di sekolah legislatif, Sabtu (21/01) bertempat di RMM MAN 1 Bekasi. Image : Istimewa

Bekasi,- humasman1Bekasi

MAN  1 Bekasi banyak milik para pembelajar untuk menelisik keilmuan dari sisi apapun termasuk legislasi. Dimana MPK MAN 1 Bekasi jalankan edukasi legislatif dengan giat menyerap keilmuan dalam bentuk Sekolah Legislatif madrasah.

Dihelat dua hari, antusiasme peserta Sekolah Legislatif Madrasah sangat baik, yang mana di adakan pada hari Sabtu hingga Minggu, 21-22 Januari 2023 bertempat di RMM MAN 1 Bekasi.

Kepala MAN 1 Bekasi, Drs. H.Amal Basyari M.Pd.I ketika dimintai tanggapan oleh Humas, Sabtu(21/01) membenarkan bahwa  sekolah legislatif madrasah ini merupakan bentuk edukasi untuk para siswa dan juga sebagai bagian dari program tahunan kesiswaan.

Beliau menjelaskan bahwa kredibilitas lembaga legislatif di madrasah  atau yang disebut MPK (Majelis Perwakilan Kelas) dan pentingnya menambah wawasan dunia legislasi wajib hukumnya untuk para siswa apalagi anggota MPK MAN 1 Bekasi.

“Semoga kegiatan ini bisa menciptakan calon penerus keberlangsungan lembaga legislatif di dalam Madrasah” paparnya.

Sementara itu Pembina OSIS dan MPK MAN 1 Bekasi, Misin Baehaqi, M.Pd tujuannya menjadikan sekolah legislatif ini siswa menambah wawasan dan pengetahuan terkait tata aturan legislatif khusus di sekolah madrasah.

“Kegiatanya dimulai pada hari Sabtu materi, malam ada kegiatan makrab (malam keakraban) dan untuk hari Minggu kegiatanya olahraga dan ada materi lanjutan serta kegiatan akhiri penutupan” ujarnya.

Lanjutnya mengatakan materi yang tersaji berupa pelatihan dan orientasi tentang peran dan fungsi badan legislatif madrasah yakni MPK. Sekolah Legislatif ini dibersamai oleh peserta yang terdiri dari pengurus MPK perwakilan dari tiap-tiap kelas yang baru saja dilantik.

Salah satu materi yang disuguhkan yaitu tata cara pembuatan AD/ART atau peraturan tentang organisasi, format instrumen pengawasan, dan alur pengesahan rancangan anggaran dan lainnya.

Sementara itu peserta sekolah legislatif, Nazifa Nur Khairina mengaku sangat senang mengikuti kegiatan sekolah Legislatif madrasah, karena ini yang pertama pihaknya ikuti selama di madrasah,

Nazifa mengatakan pelatihannya sangat seru bahkan diajarkan tentang berbagai hal yang berkaitan dengan keorganisasian dan peraturan tentang organisasi, format instrumen pengawasan, dan alur pengesahan rancangan anggaran.

“Saya, jadi bisa mengetahui dan mendapatkan edukasi lebih bahkan merasa seperti legislatif beneran setelah mengikuti kegiatan” pungkasnya. (HR)

Kontributor : Heri Herdianto

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

− 1 = 1