Info Sekolah
Kamis, 13 Jun 2024
  • PPDB JALUR PRESTASI DAN AFIRMASI 04 MARET S/D 30 APRIL 2024 | PPDB JALUR REGULER 02 MEI S/D 03 JUNI 2024 | PELEPASAN KELAS XII 08 MEI 2024
  • PPDB JALUR PRESTASI DAN AFIRMASI 04 MARET S/D 30 APRIL 2024 | PPDB JALUR REGULER 02 MEI S/D 03 JUNI 2024 | PELEPASAN KELAS XII 08 MEI 2024
26 Januari 2023

Alumni MAN 1 BEKASI berikan tips untuk lolos SNBP, SNBT dan UM-PTKIN

Kam, 26 Januari 2023 Dibaca 44x Berita / Kesiswaan / Pendidikan

Salah satu Alumni sedang memaparkan kiat Lulus UM-PTKIN di hadapan siswa kelas XII, bertempat di RMM MAN 1 Bekasi, Kamis (26/01)

Bekasi,- JMCman1bekasi 

Alumni MAN 1 BEKASI berikan kiat-kiat lulus UM-PTKIN, SNBP dan SNBT dan jalur lainnya yang merupakan hal terpenting untuk masuk ke perguruan tinggi. Kamis (26/01) bertempat di Man 1 BEKASI. 

Dimas Ramadhani Anwar yang merupakan salah satu mahasiswa UIN Sunan Gunung Jati bandung yang merupakan alumni MAN 1 BEKASI 2021 ketika dimintai Wawancara oleh tim JMC (26/01) mengatakan kiat-kiat lulus UM PTKIN yaitu bisa mengulas kembali pelajaran-pelajaran madrasah khususnya materi materi literasi keislaman karena memang UM PTKIN 2023 tidak ada lagi kelompok ujian baik saintek maupun soshum yang ada potensi kognitif, literasi matematika, literasi membaca, dan literasi keislaman.

  “ya memang benar tahun ini kalian tidak akan menemukan soal soal saintek maupun soshum tetapi kebanyakan tentang literasi membaca dan keislaman” ujarnya.

UM-PTKIN sendiri menurutnya merupakan seleksi calon mahasiswa baru kampus islam negeri atau PTKIN melalui tes yang dilaksanakan di PTKIN yang dipilih. Peserta UMPTKIN adalah siswa lulusan tahun 2021, 2022, dan 2023 yang berhak mengikuti jalur tersebut 

  Dimas berharap untuk siswa/i Man 1 BEKASI khususnya kelas XII yang mengikuti jalur ini jangan terlalu fokus pada jalur yang lain karna melihat minat jalur ini sangat sepi. 

  Semantara itu, Siva Widia Nadita salah satu mahasiswa UIN Jakarta memberi tips, bahwa jalur raport yang paling penting dalam rekapitulasi dan passing grade dari tahun ke tahun dan lihat prodi apa yang akan diambil.

Di tempat terpisah, Raden Fatur Rizki Rahmat Fauzi mahasiswa fakultas peternakan dan pertanian Universitas Diponegoro sekaligus alumni MAN 1 Bekasi tahun 2022 mengatakan bahwa SNBP adalah seleksi nasional berbasis prestasi yang merupakan masuk ke dalam jalur raport cara masuknya yaitu menggunakan seluruh nilai raport yang ada di pelajaran dengan bobot sebesar 50% dan menggunakan portofolio sebagai bantuan pendongkrak nilai.

“Kita harus belajar semaksimal mungkin agar nilai raport kita memuaskan dan diusahakan nilai raport tidak ada yang turun serta konsisten ataupun naik” tegasnya

Adapun harapan beliau untuk siswa/i MAN 1 Bekasi, semoga di SNBP kali ini lebih banyak yang lulus dan diterima di PTN yang diinginkan.

Kontributor : Nurul Syifaa (X.10)

Editor : Heri HR

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

52 − = 48