MAN 1 Bekasi Gelar vaksinasi perdana untuk siswa dengan sasran 1078 Peserta

Guna mencegah penularan Covid-19 serta untuk menciptakan kekebalan tubuh bagi peserta didik. MAN 1 Bekasi menggelar kegiatan vaksinasi dengan sasaran 1078 peserta didik, kamis (9/9).

Dari pantauan Humas MAN1 Bekasi antusias para siswa untuk mengikuti vaksinasi begitu besar. Terlihat dari semangat yang rela antri dan berpanas-panas untuk bisa mengisi formulir pendaftaran yang mana para siswa/siswi kelas X hingga kelas XII datang ke sekolah secara bergantian sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan demi  menghidari kerumunan dan juga para peserta vaksin wajib penerapan protokol kesehatan ketat, mulai dari taat masker hingga mencuci tangan sebelum masuk ke ruangan.

Kegiatan vaksinasi siswa MAN 1 Bekasi ini bekerja sama dengan tenaga kesehatan Kabupaten Bekasi dan Puskesmas Cikarang Utara bahkan kegiatan tersebut dipantau langsung oleh Satgas Covid 19 Kabupaten Bekasi dan Satgas Covid 19 Kecamatan.
, ungkap ketua Satgas Covid 19 MAN 1 Bekasi, Misin Baehaqi M.Pd ketika di mintai tanggapan di sela-sela kegiatanya.

Misin mengatakan untuk kelancaran jalannya vaksinansi, pihak sekolah di bantu langsung oleh tenaga Kesehatan kabupaten dan puskesmas Cikarang Utara dengan jumlah 35 orang. Scrining data 22 orang, tenaga vaksin 10 orang, team pengawas (satgas Covid 19) Kabupaten dan Kecamatan 3 orang.

Bahkan lanjutnya guna mensukseskan kegiatan 56 orang petugas dari Satgas Covid 19 MAN 1 Bekasi turut andil bagian yang mana dintaranya di ambil dari guru, TU dan Pramu Bakti. Dengan masing-masing tugas yakni 4 orang pengecekan suhu, 4 orang bagian arahan cuci tangan, 10 orang bagian pendaftaran, 8 bagian observasi, 20 orang inputor data, dan 4 orang mengarahkan ke screening, 2 orang mengarahkan ke vaksin, 2 orang mengarahkan ke observasi dan 2 orang mengarahkan ke inputor data.

Sasaran vaksin untuk siswa MAN 1 Bekasi berjumlah 1.078 orang dimana 847 siswa yang sudah di vaksin dan 231 siswa tidak bisa mengikuti karen alasan kesehatan dan lainnya, yang mana kegiatan vaksinasi tersebut di bawah tanggung jawab penuh Kepala MAN 1 Bekasi Drs. H. Amal Basyari
dan ketua pelaksana vaksinasi Misin Baehaqi, M.Pd yang sekaligus sebagai ketua Satgas Covid 19 MAN 1 Bekasi.

Sementara itu, Kepala MAN 1 Bekasi, Drs. H. Amal Basyari mengungkapkan, kegiatan vaksinasi digelar sehari penuh mulai pagi hingga sore hari di bantu langsung oleh tenaga Kesehatan kabupaten dan puskesmas Cikarang Utara serta dari para guru, siswa dan stap TU MAN 1 Bekasi.

Menurutnya, dengan mengikuti vaksinasi itu, maka akan tercipta kekebalan kelompok atau herd immunity. Dengan demikian, hal itu sama saja membuka peluang agar terwujudnya pembelajaran tatap muka (PTM).

Sementara bagi siswa yang belum sempat divaksin akan didorong untuk mengikuti vaksinasi tahap selanjutnya, bersamaan dengan vaksinasi tahap kedua yang akan digelar beberapa pekan mendatang.

“Kita selalu mengedukasi tentang manfaat vaksin, salah satunya menambah imun, disatu sisi kita juga mengimbau orang tua mengikutkan anaknya untuk divaksin,”jelasnya.

Beliau mengatakan siswa yang mengikuti vaksinasi covid-19 ini wajib membawa surat persetujuan wali siswa sebelumnya. Dan hampir semua siswa disetujui mengikuti vaksinasi ini.

“Kita juga kejar agar vaksinasi siswa ini dapat segera 100 persen karena selama ini baru bebrapa siswa saja setiap kelas yang baru vaksin mandiri,” ungkapnya.

Dengan divaksinnya hari ini, lanjutnya insya allah 95 persen lebih siswa MAN 1 Bekasi sudah divaksin sedangkan untuk para guru juga sudah hampir 100 persen sehingga dengan vaksinasi ini pihaknya siap melakukan pembelajaran tatap muka walaupun PTMT (Pembeljaran Tatap Muka Terbatas) karena memang wilayah Kab Bekasi masih Berada di level 3,” ujarnya

Namun, bukan berarti vaksinasi ini sudah bebas dari penyebaran covid-19 tapi protokol kesehatan harus tetap diutamakan.

“Kita juga tetap mengimbau siswa dan para guru untuk tetap menjaga prokes seperti memakai Masker, mencuci tangan dan menjaga jarak,” tuturnya. (Heri HR)

– Oleh HumasMAN 1 Bekasi