Info Sekolah
Rabu, 10 Apr 2024
  • PPDB JALUR PRESTASI DAN AFIRMASI 04 MARET S/D 30 APRIL 2024 | PPDB JALUR REGULER 02 MEI S/D 03 JUNI 2024 | PELEPASAN KELAS XII 08 MEI 2024
  • PPDB JALUR PRESTASI DAN AFIRMASI 04 MARET S/D 30 APRIL 2024 | PPDB JALUR REGULER 02 MEI S/D 03 JUNI 2024 | PELEPASAN KELAS XII 08 MEI 2024
31 Agustus 2022

Siswa MAN 1 Bekasi antusias ikuti Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK)

Rab, 31 Agustus 2022 Dibaca 19x Berita

Endnote Crack

Kepala MAN 1 Bekasi, Drs. H.Amal Basyari M.Pd.I , sedang memantau para siswa yang mengikuti kegiatan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di Leb Komputer MAN 1 Bekasi, selasa (30/08). image : Fadli Rahman

Bekasi,- humasman1bekasi

45 siswa-siswi Madrasah Aliyah 1 Bekasi mengikuti kegiatan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di Leb Komputer MAN 1 Bekasi pada senin sampai dengan selasa 30 Agustus 2022 .

Kepala MAN 1 Bekasi, Drs. H.Amal Basyari M.Pd.I ketika dimintai tanggapan Selasa (30/8) membenarkan bahwa siswa siswinya dari hari kemarin telah mengikuti kegiatan ANBK Tahun Ajaran 2022 dimana dilaksanakan selama dua hari yang mana sebanyak 50 siswa disiapkan yang terdiri dari 45 siswa sebagai sempel utama sedangkan 5 siswa sebagai cadangan dimana di ambil dari kelas XI IPS dan XI MIPA.

Menurut dia mengatakan ANBK sendiri merupakan program penilaian terhadap mutu setiap madrasah yang mana hal tersebut dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran.

“Jadi kegiatan ANBK ini hanya sebatas survey mengkur tingkat literasi dan numerasi siswa serta survey karakter dan lingkungan belajar, tidak terkait dengan kelulusan” ungkapnya.

Ia menjelaskan bahwa Asesmen Nasional perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Bahkan bukan hanya siswa yang mengikuti ANBK tetapi sebanyak 5 dewan guru dan 1 kepala sekolah juga ikut serta untuk mengisi survay lingkungan belajar.

Sementara itu wakil bidang kurikulum Toyyib, M.P.Fis mengatakan kegiatan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) ini diambil dari siswa kelas XI IPS dan MIPA.

Toyyib mengatakan kegiatan ANBK ini sendiri pada praktiknya tidak berbeda dengan kegiatan UNBK, dua hal yang membedakan antara keduanya adalah, pertama ANBK tidak mengujikan mata pelajaran seperti halnya UNBK, dan kedua, ANBK menerapkan teknik sampling dalam penentuan jumlah peserta ujian.

Tidak seperti halnya UNBK yang merupakan bagian dari evaluasi kegiatan belajar, satu yang tampak jelas bahwa siswa tidak memiliki persiapan khusus dalam menghadapi asesmen ini. Secara psikologis mereka lebih tenang dan nyaman dalam menghadapi ujian, bahkan nyaris tanpa beban.

“Alhamdulillah para siswa sangat antusias mengikuti seluruh kegiatan ANBK dari hari pertama sampai hari terakhir dan dapat berjalan dengan aman, lancar, tertib, sesuai prokes dan semoga hasilnya bisa seperti yang diharapkan terutama dalam meningkatkan mutu pendidikan madrasah,” ujarnya. (HR)

kontributor : Heri Herdianto

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

+ 86 = 87